Jumat, 06 Februari 2009

QUO VADIS



Dalam kehidupan di Indonesia ini orang sering tidak berpikir secara logis, netral, dan umum. Tetapi cenderung untuk bersikap egois dan berpandangan sempit, walau mereka merasa telah bersikap sosial. Hal ini kurang disadari,selama orientasi masih pada diri sendiri terutama dalam era globalisasi ini yang menuntut setiap orang untuk berpacu dalam kehidupan yang sangat kompleks, sehingga membuat kecenderungan setiap individu berjuang untuk dirinya sendiri.

Andaikan hal ini kita terapkan dalam profesipun, setiap orang kadang tidak bisa total berkarya sesuai dengan keprofesionalnya. Bagaimana seorang buruh bisa total bekerja, kalau gaji/honornya tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dalam sehari-hari. Bagaimana seorang guru bisa total mengajar apabila fasilitas dan gajinya tidak bisa menyejahterakan diri dan keluarganya?
Ini bukan sekedar wacana, tetapi perlu dipikirkan secara serius dan perlu dikaji dengan melihat ke lapangan. Sebab "Cute" (Cuma Teori) seringkali dirasakan sudah cukup, tapi dalam kenyataannya teori tersebut tidak semua dapat diterapkan di lapangan, bahkan sebuah teori yang dianggap brillian ternyata gagal total dalam penerapannya.

.............................................................................

Tidak ada komentar: